Getting Start

Knowledge Center Getting Start

Untuk menambahkan reservasi tamu, anda bisa menuju menu Front Office -> Reservation -> Reservation Data dan lanjutkan dengan memasukkan data reservasi.
Caranya :
  • Setelah di menu reservation data selanjutnya Pilih tombol “create reservation”
  • Semua data dengan lengkap
  • Pilih kamar yang akan direservasi
  • Pilih discount rate jika ingin menambahkan discount atau klik di kolom final rate untuk mengubah rate lama secara bebas dan selanjutnya masukan rate baru beserta dengan akun dari manager Front Office
  • Tekan tombol “Booking Now” untuk menyelesaikan reservasi
  • Untuk men-checkin kan tamu yang telah reservasi maka bisa menuju menu Front Office -> Checkin -> Registration dan selanjutnya checkin kan tamu.
    Caranya :
  • Setelah di menu Registration
  • Pilih tamu yang terdapat di Today Expected Arrival
  • Di kolom action klik icon action
  • Pilih room yang akan digunakan terlebih dahulu dengan cara klik icon room di kolom action kemudian pilih room yang akan di isi. Terdapat beberapa warna pada saat memilih room diantaranya :
      - Hijau (Vacant Clean) adalah room yang siap digunakan, bisa untuk di pilih
      - Merah (Occupied) adalah room yang sedang berisi tamu
      - Kuning (Vacant Dirty) adalah room yang sedang kotor
      - Biru (booked) adalah room yang sudah dibooking
      - Putih (selected) adalah room yang dipilihh
  • Masukan discount rate jika ingin mengubah discount
  • Isi data person
  • Checklist include breakfast jika kamar tamu menginap sudah include dengan breakfast
  • Isi data registrasi tamu dengan scara klik menu action di kolom action kemudian lengkapi data tersebut
  • Klik menu
  • Untuk membuat master bill, kita bisa menuju menu Cassier -> Guest Follio -> Master Bill kemudian buat master bill.
    Caranya :
  • Setelah dimenu Master Bill
  • Tekan Tombol “ + New Master Bill “
  • Isi master bill name dan address
  • Untuk melakukan split bill bisa menuju menu Cassier -> Guest Follio -> Guest Follio Data kemudian split bill yang di tuju
    Caranya :
  • Setelah dimenu Guest Golio
  • Pilih tamu yang akan di split bill
  • Klik icon details di kolom action
  • Tekan tombol split bill
  • Pilih bill mana yang akan di split
  • Tekan tombol “save” untuk menyimpan
  • Untuk membuat discount rate kita bisa menuju menu Setting -> Discount Rate kemudian buat discount rate.
    Caranya :
  • Menuju menu Setting -> Discount Rate
  • Tekan tombol “New Discount Rate”
  • Isi discount ratename, Type (discount (%) untuk discount persentasi, discount (Rp) untuk discount nominalm fix rate untuk mengganti harga lama dengan harga baru”, rate, room type mana yang dapat menerima discount rate, validity, dan deskripsi
  • Kemudian tekan tombol “Save”
  • Untuk membuat master bill, kita bisa menuju menu Cassier -> Guest Follio -> Master Bill kemudian buat master bill.
    Caranya :
  • Setelah di menu House Keeping -> Room Status -> Data
  • Pilih room mana yang akan di ubah statusnya
  • Tekan tombol edit untuk mengubahnya
  • Ganti Room Status dan juga Condition nya
  • Kemudian tekan tombol “Save”
  • Melakukan penutupan shift kasir berguna untuk mengetahui cashflow yang masuk pada kasih tersebut. Untuk melakukan penutupan shift kasir bisa menuju menu Cassier -> Summary Cassier.
    Caranya :
  • Setelah di menu Summary Cassier
  • Tekan tombol preview untuk melakukan preview
  • Tekan tombol “Closing Summary” untuk melakukan Closing shift kasir sehingga terdapat file summary cassier yang otomatis ter-download
  • Night audit berguna untuk mendapatkan report revenue harian atau DRR (Daily Revenue Report). Untuk melakukan night audit maka bisa menuju menu Report -> Daily Report -> Night Audit.
    Caranya :
  • Setelah di menu Night Audit
  • Tekan tombol “Run Night Audit” untuk melakukan night audit
  • Tunggu beberapa saat sampai tombol cetak muncul. Biasanya 2 menit.
  • Refresh jika belum muncul
  • Selanjutnya tekan tombol cetak untuk mendownload Daily Revenue Report (DRR)
  • History checkin berguna untuk mengetahui riwayat tamu yang checkin. Untuk melihat history checkin bisa menuju ke menu Front Office -> Checkin -> Checkin History.
    Caranya :
  • Setelah di menu Checkin History
  • Klik icon details untuk melihat detailsnya
  • Laporan harian diperlukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan hotel dari hari ke hari. Untuk melakukan laporan harian maka bisa menuju menu Report -> Daily Report dan unduh semua laporan harian yang diperlukan.
    Caranya :
  • Setelah di menu Daily Report
  • Pilih Menu Night Audit untuk membuat Daily Revenue Report (DRR)
  • Pilih Menu Daily Activity Report untuk membuat document pendukung harian seperti: Reservation, No Show, Cancelation, Arrival, Checkin, In-house Guest stay, Departure, dan Checkout